Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget



Mau Kuliah, Semua Alumni Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah Dapat Beasiswa

 Mau Kuliah, Semua Alumni Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah Dapat Beasiswa

 


 JERNIHNEWS.COM- Pondok Pesantren Ma'arif As Sa'adiyah Batu Nan Limo, Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya melakukan terobosan kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Semua tamatan Madrasah Aliyah (MA) Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah yang mau kuliah di perguruan tinggi agama Islam di negeri dalam diberi beasiswa oleh IDI hingga tamat.

"Syukur alhamdulilah, IDI memberikan beasiswa kepada alumni kita yang mau kuliah hingga tamat," kata Pimpinan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah, KH. Sudirman Syair, Senin (01/03/2021) saat berkunjung ke Kantor Redaksi Jernihnews.com, Jl. Sudirman No. 135 Balai Cacang, Payakumbuh.

Menurut Sudirman Syair kerja sama ini telah berjalan sekitar 7 tahun. Kerja sama adalah antara Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah dengan IDI Sumbar. Ponpes dengan santri yang pada umumnya berasal dari keluarga kurang mampu ini, benar-benar merasa terbantu dengan bantuan beasiwa yang diberikan oleh IDI.

"Anak-anak kita yang telah lulus dan ingin kuliah, alhamdulilah bisa mewujudkan keinginan mereka berkat adanya beasiswa IDI Sumbar," kata Sudirman Syair, sembari berujar bahwa kerja sama bantuan beasiswa itu awalnya atas rekomendasi dari Direktur RSUD Suliki Kabupaten Limapuluh Kota.

Kini, selain beasiswa IDI, lulusan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah juga bisa diterima kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP), baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau pun melalui jalur mandiri. UNP pun siap memberikan fasilitas beasiswa bidik misi.

"Pak Rektor UNP Prof Ganefri juga telah membuka kesempatan bagi lulusan kita yang ingin kuliah di UNP. Bahkan juga disiapkan beasiswa bidik misi bagi mereka. Apalagi Pak Pro. Ganefri adalah Ketua Yayasan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah," kata KH. Sudirman Syair.

Meski kerja sama penerimaan calon mahasiswa dengan UNP telah dimulai sejak tahun lalu, namun lulusan Ponpes Ma'arif As Sa'adiyah masih lebih memilih kuliah di perguruan tinggi Islam, ketimbang perguruan tinggi umum seperti UNP. Namun ke depan, bisa jadi akan banyak yang tertarik kuliah di kampus umum.

"Mungkin karena mereka lebih dominan ditempa dengan ilmu agama Islam di ponpes, sehingga mereka cendrung memilih kuliah di kampus Agam Islam," kata KH. Sudirman Syair menandaskan. (erz) 

Sumber: https://www.jernihnews.com/berita/1632/mau-kuliah-semua-alumni-ponpes-maarif-as-saadiyah-dapat-beasiswa.html

 

Posting Komentar

0 Komentar